Jumat, 21 Januari 2011

~ NPWP ~

haaiii pals,
apa kabar..??
semoga hari.hari Anda menyenangkan yaaa :)

Huwaaa, asyiiik UAS gw dah slese..
gw memulai perbincangan pagi bareng bokap gw pas sarapan tadi..
ada hal yang gw nga ngerti,
n hal tersebut gw dapetin berhubungan langsung sama diri gw tadi malem..
It's all about.. NPWP a.k.a Nomor Pokok Wajib Pajak..

Sebenernya udah lama tau ttg hal penting yang satu ini,
tapi sebelumnya masih cuek ajaa, krn menurut gw belum penting juga buat gw yang belum punya penghasilan sendiri..
tapi ternyata tanpa gw sadari, skr gw udh punya penghasilan (sedikit .red) yang ternyata juga berhubungan sama NPWP..
dan karena gw blm punya NPWP, jadi ke-potong laah itu penghasilan gw (yang masih sedikit itu .red :D)
nah loch, bingung khan gw..
mang gara2 nga punya NPWP bisa langsung motong penghasilan gitu yaa..?
gw ajukan pertanyaan sama my sistaa tadi malem, eh gw ngaa ngertii..
sampe akhirnya gw tanya bokap tadi pagi, eh belum puas jugaa..

hmmm..
nie mang gw gw nga pinter, atau penjelasannya yang kurang jelas yaa..??hehe..
yaa sudah akhirnya gw bertanya pada "Rumput yang bergoyaang.." #walaah, ngaaa,,,
akhirnya gw googling ajaah, (dasar mahasiswa .red) hahaha..
nah, akhirnya dapet penjelasan kayaa gini :
simak yuuuk :D

Nomor Pokok Wajib Pajak biasa disingkat dengan NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Fungsi NPWP

  • Sarana dalam administrasi perpajakan.
  • Tanda pengenal diri atau Identitas WP dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
  • Dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan.
  • Menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.

Sanksi yang berhubungan dengan NPWP

Setiap orang yang dengan sengaja tidak mendaftarkan diri atau menyalahgunakan atau menggunakan tanpa hak Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, sehingga dapat merugikan pada pendapatan negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi 4 (empat) kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang bayar.

(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Nomor_pokok_wajib_pajak)

---

Nah itu dia informasi yang gw dapet, abis di baca sie udah lumayan ngerti.. Kalo belum ngerti coba googling lebih banyak lagi ttg NPWP, banyak banged ternyata blog yang menjelaskan ttg NPWP..

Wew, siap.siap memasuki dunia kerja setelah lulus kuliaah, mudah.mudahan bisa bermanfaat buat temen2 yang baru tauu jugaa..

Ternyata NPWP penting banged yaa,kalo kata babeh gw sie, itu cara pemerintah buat memaksa warga negaranya buat bayar pajaak..

Kan "Orang Bijak Taat Bayaar Pajak" hehe..

Yuuk kita sama.sama jadi warga negara yang baik ajaa..

dan kita doain negara kita "Indonesia Raya" jauh.jauh dari makelar pajak macam GAYUUUS yang pengen banged gw GERUUUS,hehe..

Sekian ~nice day all~

n_a

1 komentar:

n_a aditya nana n_a mengatakan...

sayang, ayah mau bikin NPWP juga dong, bundanya juga yuk?